‘AWARD WINNING’ MATA RANTAI


Nyalakan televisi dan perhatikan, sebelum melihat isi dari sebuah program televisi, yang tertangkap mata pertama kali ketika program dimulai adalah identitas program yang berupa animasi, real shots atau komposisi gabungan dari keduanya yang pada bagian akhir berupa judul dari nama program. Biasa disebut Program Opening.

Mata Rantai sebagai salah satu program indepth reporting yang dipunyai ANTV, salah satu televisi swasta nasional di Indonesia coba untuk diulas dan dibedah oleh pengarang yang juga kreator dari Motion graphic pembuka program ini. Dan opening Mata Rantai ini sempat meraih Finalist Award dalam ajang New York Festivals 2008.

New York Festivals (NYF) now (2008) in its 51st year, is an International Awards Group (IAG) Company. Recognizing The World’s Best Work™ in advertising and programming, IAG and its other advertising brands, AME, Globals and Midas, honor advertising and marketing in global communications through eight annual competitions. NYF maintains an international network of representatives who promote the competitions in over 65 countries. These representatives are a crucial element in upholding NYF’s dedication to searching out and rewarding The World’s Best Work™ – not only by recruiting entries but also filling the judging rosters with award winning creatives who represent every advertising center of the world, ensuring that all work is judged without cultural bias and that each competition really does represent the best in communications the world has to offer (NYF company history).
The first time for Indonesia participated the event and scored as a finalist for News Program Opener & Title’s cathegory.

Sedikit sinopsis tentang mata rantai adalah tayangan yang mengulas permasalahan sosial yang unik, menarik dan kontroversial dari berbagai wilayah di tanah air. Program news feature berdurasi 30 menit ini disajikan dengan pendekatan personal, untuk melihat lebih dekat sosok yang menjadi bagian sebuah permasalahan sosial. Ini merupakan konsep Mata Rantai dari perspektif programnya. Bagaimana konsep opening program dari Mata Rantai itu sendiri?

Yang akan saya bedah disini adalah mulai dari awal konsep sampai proses pembuatan animasinya. Cukup memakan waktu , tenaga dan pikiran karena harus dikerjakan seorang diri. Sementara rekan-rekan yang lain harus mengerjakan project program yang lain untuk departemen news juga.


Graphic Concept

This new Mata Rantai graphic concept was rebranded from the previous visual concept that didn’t match with the content of the program. The program is about in-depth investigation, rare cases, The X Files, something common in our surrounding but not so much people sees this with their bare eyes.
Mata Rantai tries to pick these pieces and gather them into one conclusion by interviewing sources, eye witnesses, collecting datas from the goverment or independent foundation, go to places where it could find new perspectives or even new evidence.

Graphic Motivation

We tried to capture the dark side of the job, the worriness of getting caught for detailed informations we pursue, and the process of how we crafted this into a conclusion for the mass / viewer to judge.
We also emphasized the weight (content) of the programme by its colour tone. How the chains (would also mean Jail for most Indonesian) moving here and there as our investigation is going, and how we work independently as it is impressed in the dark room within our opening.

The photograph was processed on the dark room,but not all of them are being published. That’s what I meant something common in our surrounding but not so much people can see them.

mata1 mata2 mata3

mata4 mata 5 mata6

Technically Process
Setelah kami membuat konsep dilanjutkan dengan pembuatan mood board (insert mood board), untuk memberi gambaran kepada News Dept. visualisasi dari opening program yang akan dibuat. Berupa rough sketch logo, graphic style and color tone.

mood-board

Setelah presentasi yang cukup melelahkan, saya mulai membuat logo menggunakan program Adobe Illustrator sebagai outline kasar yang kemudian dibuka melalui program 3dmax untuk dibuat logo 3 dimensinya.

Next the rough sketches storyboard created for modeling scenes guide. For modeling I used Autodesk 3dsmax.

rough-strybrd

Proses pengerjaan opening Mata Rantai memakan waktu sekitar 2 minggu atau 10 hari kerja ditambah 2 hari untuk revisi. Awal tahun 2008 lalu menjadi awal tahun yang cukup menguras pikiran bagaimana merealisasikan konsep yang ada sesuai dengan visualisasi yang akan dbuat. Karena satu project dikerjakan oleh satu orang saja, dimana saat itu rekan-rekan yang lain harus mengerjakan project berbeda yang di order oleh News dept.

Setelah storyboard kasar, mulailah pengerjaan modeling pembuatan frame-frame foto yang digantung seolah berada didalam ruang gelap pencucian foto. Frame-frame foto dibuat dengan geometry sederhana menggunakan plane, yang diberi modifier bend untuk memberi sedikit lekukan layaknya kertas foto yang tergantung. Kemudian membuat modeling rolling pin untuk menjepit model foto dan membuat modeling tali-tali melintang. Di dalam frame foto diberi material berupa footages yang diambil dari stock footages pada shooting sebelumnya. Sebelumnya saya touch up menggunakan program After Effect untuk mendapatkan kesan foto lawas.

scn-asli

Footages yang dipakai bertemakan Sosial masyarakat, ekonomi dan budaya dengan gambar yang ekspresif untuk menampilkan emosi.

Bagian tersulit dari modeling adalah pembuatan rantai yang tergantung. Karena harus di attach dengan system menggunakan bones untuk mendapatkan karakter pergerakan rantai yang natural saat bergoyang.

bg-logo-3d

Modelling selesai, kemudian masing-masing model digabungkan menjadi satu project di 3dsmax. Dilanjutkan dengan pemasangan camera dan lighting. Penggunaan lighting untuk memberi nuansa gambar dan memberi penegasan pada obyek-obyek tertentu. Sehingga dibutuhkan banyak spot lighting untuk menerangi masing-masing object tanpa harus menerangi keseluruhan ruangan.

Animasi karakter dari pergerakan rantai dan foto-foto hanya disesuaikan dari yang terlihat pada angle camera. Di luar mata kamera tidak perlu dibuat gerakan karena tidak akan terlihat oleh mata pemirsa. Kecuali pergerakan diluar kamera yang dibutuhkan untuk efek dari gerakan, misalnya bayangan rantai bergerak yang jatuh di permukaan frame-frame foto. Pergerakan kamera membutuhkan ketelitian dan detil dari pergerakan object yang ada, agar tetap mendapatkan point of interest dan impresi bagi mata pemirsa. Animasi adalah bagian tersulit karena setiap hal harus disesuaikan dengan feel dan sense agar bisa dinikmati oleh yang melihat.

mata-modelling

Rendering di 3dmax sebagai proses akhir setelah modeling dan animasi selesai. Dengan format output size PAL video 720X576 (ukuran standar untuk televisi Indonesia), dan assign render default. Rendering is the process by which a work of art is created, the process of producing an image from a higher-level description of its components. Untuk proses render saya menggunakan analogi memasak makanan. Modelling dan animasi sebagai proses menyiapkan bahan-bahan mentahnya, dan rendering sebagai proses memasak hingga menjadi makanan siap saji.

Animated scenes yang sudah di render dengan format file targa dimasukkan ke dalam compositing software. Saya menggunakan After Effect keluaran Adobe untuk membuat komposisi yaitu memperkuat gambar, tone color, background dan memberi visual effect serta terakhir adalah finalize rendering. The movie was done well!.

Tampak pada gambar bagaimana tahap demi tahap dari komposisi di After effects untuk membuat nuansa dari opening Mata Rantai.

scn-asli scn-blurred scn-colored

Beruntung atasan saya memilih dan berjuang untuk mengikutsertakan opening program Mata Rantai ini ke New York Festival 2008 dan ternyata mampu untuk masuk ke final dan mendapat penghargaan disana. Thanks to Sari Trisulo for her support within this project.

Gegerblues’09
email : exc09agusnugraha@gmail.com

Wikipedia Dictionary :

Compositing :

Is the combining of visual elements from separate sources into single images, often to create the illusion that all those elements are parts of the same scene.

Rendering :

The process by which a work of art is created, the process of producing an image from a higher-level description of its components. In this article the rendering process was produced by computer hardware.

Video format :

PAL

NTSC

SECAM

Phase Alternating Lite

National Television Standard Commite

Secam

Frame per second

25 fps

29,97 fps

25 fps

Resolusi

720 x 576 px

720 x 480 px

720 x 480 px

Amerika Serikat & Jepang, Indonesia

Eropa & Asia

perancis

Scan lines

525

625

825

References :

3dsmax tutorial

www.an.tv

New York Festivals

wikipedia.org

Advertisements