INSPIRASI


rokok Inspirasi datang dari mana saja. Ketika jadi sumber ide untuk pencarian referensi atau keseimbangan untuk menjaga sense atau mungkin kepedulian dari yang ada di sekeliling kita. Dunia design membutuhkan banyak sumber inspirasi yang tidak selalu berhubungan langsung, juga bisa menjadi bagian dari pencarian sang designer untuk menjaga mood dan mengembalikan kondisi atau keadaan menjadi fresh disaat sang designer berada dipuncak kejenuhan.

Dalam proses kerjanya designer akan menghadapi hambatan dalam penuangan ide. Karena ide tidak selalu mengalir keluar disaat brainstorm sebuah project. Kejenuhan yang terjadi dan semangat yang menurun dalam menggali library dalam pikiran. Ketika melihat suatu karya yang mungkin cocok dengan project yang akan dibuat. Designer tidak lagi bisa memilih referensi mana yang bisa dipakai untuk membuat sebuah project baru. Banyak hal menarik dari referensi yang dilihat namun menjadi hal yang biasa saja di mata designer. Tidak ada semangat, datar dalam merasakan atau tidak ’klik’ dengan style dan motion yang diputar di depan mata.

Hal ini terkait dengan tulisan saya sebelumnya tentang Motion Designer = Problem Solver. Disebutkan dalam dunia kreatif terutama media televisi yang merupakan seni industri, factor utama yang harus dihadapi dalam pekerjaan seorang motion designer adalah ide, style dan kecepatan dalam merealisasikan hal tersebut menjadi sebuah karya motion design yang layak siar. Ide merupakan hal pertama yang harus ditemukan.

PENCARIAN INSPIRASI

Dimanapun seorang designer berada, dunia sekelilingnya adalah inspirasi yang bisa dikembangkan. Konsekuensi logis dari sebuah pekerjaan profesional adalah harus tetap jeli melihat celah setiap hal di sekeliling. Inspirasi datang dari mana saja.

communityMasuk ke dalam komunitas designer menjadi cara yang jitu dalam menggali ide. Dalam sebuah komunitas designer banyak hal spesifik tentang motion design dibicarakan. Dialog-dialog membuat pancingan bagi pikiran untuk sharing masalah yang menimbulkan semangat dan pikiran-pikiran baru untuk meramu karya. Adanya penghargaan dari rekan seprofesi walaupun cuma ucapan ”Wah karya loe yang ini keren style nya, gimana bikinnya?”. Hal-hal kecil seperti ini memberikan semangat dan sang designer pasti berusaha untuk share pengalaman yang sudah didapatkan selama membuat karya tersebut. Referensi dan dialog dari rekan seprofesi bisa membuka pikiran untuk mencari kemungkinan-kemungkinan lain dari karya yang ditelaah.

Harapan dari kontributor-kontributor dalam komunitas ini adalah memberi materi-materi penting sebagai acuan medium apa yang digunakan untuk membuat suatu karya.

exhibitionMengunjungi exhibition tentang seni dalam bentuk apapun. Tak hanya pameran motion design tetapi juga pameran-pameran yang berkaitan dengan seni dan teknologi. Kalau hanya dengan mata, pikiran tetap datar, banyak cara lain karena disana juga jadi tempat untuk bertemu dengan orang-orang yang berkompeten di bidangnya. Aktif dalam bertanya, aktif mengkritik dan mengikuti terus ikuti perkembangan.


pasar kesiangan

Travelling juga jadi cara untuk refresh. Seperti dijelaskan diatas bahwa dunia sekeliling adalah inspirasi yang bisa dikembangkan. Fotografi dan perjalanan alam bebas bisa menjadi cara untuk memaknai keindahan dan membentuk perspektif dalam komposisi dan style. Dalam fotografi, seseorang akan melakukan pencarian-pencarian untuk merekam gambar yang ada di pikiran atau menemukan perspektif dalam menangkap gambar. Yang dimaksud disini bukan untuk belajar menentukan komposisi namun lebih kepada pembentukan proses pencarian ide yang nantinya akan membiasakan designer untuk menggerakan pikirannya.


Karena keterbatasan waktu tidak selalu komunitas atau exhibition bisa dikunjungi. Kini banyak terdapat komunitas designer eksis di dunia maya, yang terbentuk karena efisiensi waktu. Sehingga designer cukup dengan duduk di meja kerja sambil tetap berdiskusi dengan komunitasnya. Juga dalam melakukan perjalanan, sediakan waktu yang benar-benar terencana supaya hari-hari terisi dengan benar.

Yang terpenting dari tulisan ini adalah komunikasi. Kembali pada sifat dasar manusia yang merupakan mahluk yang selalu butuh berinteraksi dengan orang lain. Sebanyak apapun referensi yang dimiliki untuk menggali ide, itu tak cukup menolong. Karena dengan masuk ke dunia seni yang beragam, melakukan diskusi dan sharing pengalaman, akan lebih menolong dalam mempercepat penemuan ide. Kita tidak hanya berpikir dari satu sisi yaitu diri kita sendiri namun akan ada banyak masukkan dari kepala-kepala yang akan membantu diri kita dalam berinspirasi.

Gegerblues
AsiaaudiovisualEXC09agusnugraha.wordpress.com
email : exc09agusnugraha@gmail.com

Refrerensi :Motionographer.com
Grafistv.com
Tehnik Reportase TV, Drs. Adi Badjuri MM

Advertisements