COLOR MY WORLD


Dalam pendekatan televisi proses pewarnaan untuk grafis televisi menggunakan standar RGB (Red, Green, Blue). Yaitu mencampurkan ketiga warna tersebut dengan prosentase yang berbeda untuk mendapatkan warna yang bermacam-macam.

rgb

 

Warna RGB dipakai hanya untuk media elektronik seperti televisi dan computer. Dan penjelasan tentang model RGB mungkin artikel tersebut bisa didapat di tempat lain. Tentang representasi matematis dari spectrum RGB, matrix RGB atau teori warna yang terkait dengan RGB. Karena dalam tulisan ini saya hanya akan membahas tentang tips dan trik dalam penggunaan warna untuk motion design.

Pertama kenalilah target audiens nya, dengan dasar ini maka bisa ditentukan bagaimana jenis warna yang akan dipakai.

Di tahap berikut pisahkan pembagian warna dalam tiga bagian dahulu :

Warm colors : Bernuansa cerah dan memberi semangat

Cool colors : Berkesan kalem dan teduh atau sejuk

Neutral color : Didominasi warna putih, abu-abu dan hitam.

Dalam warna RGB tidak ditemukan warna emas atau perak kecuali didapatkan dari pengolahan citra yang bisa member kesan warna emas dan perak.

real colorwheel pola warna

Di tiap pembagian warna ini masih akan ditentukan lagi mengenai penggunaan warna yang keras atau lembut. Untuk mempermudah bisa dengan membuat pola warna dahulu, dengan dibantu referensi dari berbagai sumber baik cetak maupun motion. Pola warna ini sebagai panduan saja untuk menentukan mana yang jadi warna dominan dan warna aksen. Karena setidaknya dalam tiap scene dari sebuah, misalnya Opening program harus ada benang merah yang bisa ditarik secara keseluruhan. Kalau mencoba menarik dari sisi warna,bisa mengambil dari warna logo program atau nuansa yang ingin diciptakan dari opening programnya.

Kesulitan biasa dihadapi dalam komposisi warna. Hal ini bisa diatasi dengan memakai tehnik dasar harmonisasi warna :

complementer

Warna Komplementer, yaitu warna yang bersebrangan. Biasa dipakai untuk membuat obyek menjadi Stand out, contoh : obyek putih diatas background gelap, obyek merah diatas dasar hijau

 

 

 

analog

Warna Analog, yaitu warna-warna yang berdekatan. Sebagai warna aman dalam pembuatan design.

 

 

 

Mulailah untuk membuat komposisi warna dari obyek-obyek yang menguatkan identitas dari program. Apabila menggunakan program 3D, tidak selalu hasilnya sama dengan yang kita mau. Karena ketidaksempurnaan dalam penggunaan material dan peletakan cahaya. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan program lain seperti Adobe After Effects untuk mengkoreksi warna : mempertajam warna yang kita mau, membuat kedalaman warna, atau member aksen warna. Software ini juga dipakai untuk color finalizing setelah komposisi akhir terbentuk.

Contoh : Pola warna Opening News Program, Topik Pagi

topik pagi snap

 

Pemakaian warna biru yang dominan dari scene awal sampai scene akhir, untuk menggambarkan langit yaitu berita yang mengudara dan disebarkan ke seluruh pelosok nusantara, dengan warna aksen orange sebagai sinar matahari pagi. Dimana Topik Pagi hadir lebih awal seiring terbitnya matahari.

TIPS PENGGUNAAN WARNA UNTUK BROADCAST

Hindari warna latar hitam 100%, karena akan membuat gambar tidak berdimensi. Beri sedikit gradasi hitam ke warna yang lebih terang. Atau bisa diisi dengan gambar lain dengan transparansi rendah di bagian belakang

Penggunaan warna dasar RGB untuk karya akan membuat warna yang tidak menarik atau mentah. Usahakan membuat warna turunannya

Hindari warna putih 100%, karena akan membuat mata silau di layar televisi. Campurkan putih dengan tambahan warna hitam 5% – 10%, kecuali memang untuk membuat efek cahaya.

Untuk finalizing tambahkan layer dan berikan warna hitam sebesar 10 %. Karena ketika karya On Air intensitas cahaya akan bertambah terang di layar televisi. Warna di monitor lebih gelap daripada layar di televisi.

Kebebasan dalam membuat komposisi warna diharuskan untuk membuat dimensi yang lebih luas dari warna yang diinginkan, diluar tips yang diberikan diatas. Warna sangat berpengaruh terhadap kesan yang ditampilkan dari sebuah karya motion design. Apa yang nantinya akan tertanam di benak pemirsa, selain style dan music score.

Gegerblues. June’09
email : exc09agusnugraha@gmail.com

Source :
www.tigercolor.com

Effective Color Contrast. Aries Arditi, PhD, Senior Fellow in Vision Science, Lighthouse International.
Art for the web by Suzanne Roman

 

 

 

 

Advertisements