CEK & RICEK REPACKAGE 2009


C&R-designer
Pada Juni tahun ini, program Cek & Ricek (C&R) melakukan repackage untuk kemasan program dengan konsep yang lebih fresh dari grapic packages sebelumnya. Seperti diketahui, program C&R merupakan pionir dari program infotainment yang saat ini sudah terdiri dari berbagai judul. Tayang di stasiun televisi RCTI
C&R sudah tayang sejak 13 tahun lalu dan sudah beberapa kali melakukan pergantian graphic package. Usulan pergantian yang dilakukan pada Juni tahun ini disebabkan karena sempat terjadi penurunan perolehan rating C&R beberapa waktu lalu. Dan graphic package yang sebelumnya mempunyai style yang memberi kesan seolah program ini adalah acara anak-anak.

KONSEP
Konsep visual dari graphic package ini adalah
– Clean and simple
– Mewah
– Megah
– Metropolitan

STYLE
Untuk itu digunakan 3D animasi untuk membuat modeling dengan gaya obyek dari kapur. Yaitu material 3D yang dove, diperkuat dengan lighting untuk memberi pencahayaan yang memberi kesan karakter kapur.

TEKNIS
– Modelling menggunakan obyek standar dari program 3dsmax
– Material standar dengan diberi bump pada permukaan obyek untuk menyerap cahaya, sehingga tidak terlihat glossy. Dan mapping standar
– Pencahayaan dengan menggunakan lampu di banyak titik atas, bawah, depan, belakang dengan intensitas kecil. Sehingga cahaya yang tertangkap di obyek sangat rata
– Modifikasi obyek hanya menggunakan twist dan bend, scale, group
– Penggunaan kamera dengan lensa superwide untuk member kesan megah dan pergerakan obyek di depan kamera terkesan ekstrim
– Tiap scene dibuat terpisah dan dikomposisi di program Adobe After Effect
– Color correction, special effect particles dan ramp background dibuat di Adobe After Effect

CR-teknis1CR-teknis2

CR-teknis3CR-teknis4

CR-teknis5CR-teknis6

OUTPUT
Untuk hasil dibuat 2 alternatif yaitu :

1. Designer treatment : dengan konsep clean, putih kapur hanya footages dan logo yang berwarna

C&R-designer
2. Producer treatment : konsep tetap clean hanya di tiap scene diberi sedikit warna yang diambil dari warna logo untuk memperkuat identitas program

C&R-producer

KEKUATAN VISUAL
Yang menjadi kekuatan dari visual graphic package ini, terutama Openingnya adalah tampilan yang clean, putih memberi kesan simple dan berbeda dengan opening program infotainment manapun. Dimana sebagian besar program infotainment tampil dengan warna-warni. Ketika anda melihat identitas tayangan C&R ini di layar kaca, akan terlihat bahwa tayangan ini benar-benar dalam kemasan baru!.
GRAPHIC ADVICE
Untuk membuat tampilan berkesan baru, yang terpenting adalah style. Ketika para pembuat graphic package berjenis sama melihat dari perspektif yang sama. Cobalah untuk mencari perspektif style yang berbeda. Referensi tidak harus didapat dari program sejenis tapi bisa diambil dari jenis lain seperti promo event atau motion art. Dan rasakan bedanya!.

Gegerblues’09
Graphic references :
Yahoo! TVC, Promo IDN-NYLON 2007

Advertisements