GOLD WINNER PROMO 2008


Promo televisi merupakan hasil kerjasama tim yang terdiri dari creative director, producer, motion designer, sound designer dan editor di dalam departemen promo tivi.
Indonesia pada acara Promax Asia 2008 yang digelar di Singapura pada Oktober 2008 lalu terpilih menjadi peraih emas dalam kategori News Promo. Promax Asia merupakan ajang pemilihan promo terbaik yang diselenggarakan setiap tahun di regional Asia.
Apa yang menjadi kekuatan dari promo News Image versi Monjay ini?

news-image-snapshots

Ide awal yang didapat sebenarnya dimulai dengan stok footages yang dipunyai ANTV pada waktu itu. Berangkat dari kisah yang terekam News Producer ANTV dalam sebuah liputan di pesawat Adam Air yang mengalami kecelakaan di Solo. Dimana stok gambarnya mempunyai nilai tinggi dan eksklusif, karena didapat dari lokasi kejadian langsung. Monjay sebagai kru ANTV yang ditugaskan untuk meliput sebuah kasus pembunuhan di Ngawi kebetulan berada di dalam pesawat naas tersebut.

KONSEP PROMO
Dari hasil gambar yang dipunyai library ANTV, akhirnya dibuat konsep promonya oleh produser untuk menggambarkan kehidupan tentang ‘Sosok di balik layar berita’. Promo bercerita tentang kerasnya kehidupan peliput berita di dalam tugas mereka, dan bagaimana kehidupan mereka di hari-hari saat sedang tidak bertugas. Konsep News Image versi Monjay merupakan salah satu versi dari dua versi yang dibuat. Satu lagi berbicara tentang kameraman dalam kehidupan religius mereka.
Kembali ke versi Monjay, untuk grafis sebagai pendukung dibuat konsep tentang berita koran halaman depan untuk memvisualisasikan aktualitas dan faktualitas. Motion style yang dipakai menggambarkan keadaan investigatif seseorang ketika mencari-cari berita di Koran yang sudah disimpan dalam library. Gambar-gambar koran yang hitam putih dan terlihat usang, dengan penerangan cahaya seperti lampu senter. Kemudian kesan gambar Koran yang sudah berbentuk slide, divisualisasikan dengan karakter slide yang diputar di sebuah proyektor mini.

PEMBUATAN
Kompositing grafis dengan menggunakan Adobe After Effect memungkinkan gerakan, nuansa dan pewarnaan didapat dengan baik. Penggunaan 3D layer untuk memberi kesan gambar 3 dimensi dari tumpukan-tumpukan lembaran Koran. Sementara efek blur memberi kesan tampilan seolah-olah pencarian berita di Koran menggunakan kamera makro. Gerakan-gerakan pergantian gambar yang cepat memperkuat karakter pencarian berita Koran, dimana seseorang akan mengganti lembar demi lembar dengan cepat setelah membaca isi tulisan di Koran. Finalize dengan color correction agar gambar terlihat monotone layaknya Koran lama yang hitam putih.
Proses pembuatan grafis dengan deadline singkat (hanya 2 hari), namun tetap bisa menggambarkan dan mendukung promo secara keseluruhan dan kualitas yang sudah teruji di ajang Promax Asia 2008.
Terimakasih untuk semua tim di Promo On Air ANTV!. We scored GOLD babe!

Original written by Gegerblues’09
Sources : Promo On Air ANTV

Advertisements