LOGO PROGRAM


Logo adalah elemen grafis (tanda, symbol, emblem, ikon) yang bersama dengan huruf membentuk cap komersil atau merek dagang. Khususnya, tujuan sebuah design logo adalah untuk mengenal dengan cepat sebuah produk (Wheeler, Alina. Designing Brand Identity ©2006 John Wiley & Sons, Inc. (page 4). Logo sebagai aspek dari sebuah produk yang di dalamnya sudah melambangkan bentuk, warna, huruf dan citra yang melekat dan membedakan dari produk sejenis.

vivanews

Dalam sebuah program televisi, logo menjadi identitas yang menggambarkan jenis program tersebut. Bagaimana selayaknya aturan-aturan logo dalam sebuah program televisi ?.

Dua aturan dasar dari sebuah logo program televisi yang pertama adalah fungsi dan kedua adalah estetika. Berikut beberapa tips sebagai standar dalam pembuatan logo program :

1. Mudah dibaca, karena sebuah program berkaitan dengan durasi, dimana gambar tidak mempunyai nilai simpan seperti gambar yang ada di media cetak. Waktu yang terbatas mengharuskan logo dapat dibaca dengan cepat/durasi terbatas.

2. Bentuk logo lebih simpel dan menonjol dari elemen pendukung lainnya.

3. Komposisi yang kontras harus terlihat antara logo dengan latar. Berlaku untuk dua warna saja.

4. Bentuk logo harus sesuai dengan jenis program. Tidak akan cocok bila program remaja menggunakan bentuk logo atau huruf yang kaku dan kokoh seperti layaknya program berita.

5. Warna logo juga harus menyesuaikan dengan jenis program

6. Penggunaan warna yang terlalu terang menyebabkan gambar sulit terlihat di monitor. Kalau menggunakan warna putih, sebaiknya tidak putih 100% tetapi tambahkan warna hitam sebesar 10%.

7. Pemakaian kontras yang tinggi dalam beberapa kombinasi warna menyebabkan gambar sulit untuk dibaca di monitor.

8. Logo atau tulisan harus bold dan besar. Tetapi harus dilihat juga kemungkinan seberapa dapat dilihat gambar tersebut di monitor.

topik

9. Hindari bentuk yang rumit atau huruf-huruf dekoratif. Roman dan San-serif masih termasuk efektif untuk dibaca.Decorative typefaces dan Condensed typefaces tidak terlalu efektif

typefaces

Dalam membuat logo program untuk televisi, biasakan untuk melihat dan membacanya dengan cepat (antara 2 sampai 3 detik saja). Apabila dengan durasi tersebut logo dapat dilihat dengan baik, maka kemungkinan pemirsa mengingat dan menanamkan gambar ke benak mereka akan menjadi lebih baik. Jika logo tetap dibuat dengan bentuk dan warna yang agak kompleks, usahakan beri durasi diam yang panjang (sekitar 3 – 5 detik), agar logo bisa dilihat dengan jelas

Contoh logo-logo program :

rejekiWTA

siapa-takuttopik

Original written by Gegerblues’09

Other sources :

Wheeler, Alina. Designing Brand Identity ©2006 John Wiley & Sons, Inc. (page 4)

Making Text Legible, Designing for people with partial sight, by Aries Arditi, PhD

Advertisements