RUNNING TEXT


Pengiklan di dunia broadcast untuk mempromosikan produk mereka mempunyai banyak jenis bentuk promosi yang bisa ditampilkan di layar televisi, salah satunya adalah running text. Berbagai macam bentuk running text ditampilkan dengan berbagai macam kreatifitas untuk merebut perhatian pemirsa. Running text termasuk promo produk dengan biaya yang cukup murah untuk menginformasikan produk mereka, karena factor tidak merebut perhatian pemirsa sepenuhnya.

RT-samples2

Elemen running text :

Strap, sebagai dasar untuk menempatkan informasi berupa copy text

Logo produk, sebagai identitas iklan

Informasi berupa copy text, yang isinya tentang kelebihan produk dan lain sebagainya tergantung strategi yang ingin ditampilkan dari produk tersebut.

RT-samples1RT-samples4

Faktor apa yang menyebabkan running text tidak merebut perhatian penuh pemirsa?.

Running text terletak di bagian bawah dari layar monitor dengan ukuran maksimal tinggi 30 pixel dan lebar 720 pixel (ukuran layar monitor adalah (tinggi 576 pixel dan lebar 720 pixel)

Jika copy text dari informasi terlalu panjang, ada kemungkinan text tidak dapat dibaca dengan jelas oleh pemirsa karena terlalu cepat muncul dan menghilang dibandingkan durasinya yang terbatas

Running text hanya bagian yang muncul di bagian bawah saat program sedang berlangsung. Jika tampilannya terlalu sederhana, tidak akan merebut perhatian pemirsa dibandingkan keinginan pemirsa yang sedang menonton program

Durasi berkisar 10 – 15 detik

Running text biasanya menjadi jenis pendukung dari bagian kampanye sebuah produk yang beriklan di televisi. Selain TVC, filler atau superimpose. Namun biasanya pengiklan memilih jenis ini karena biaya yang lebih murah.

RT-samples3RT-samples5

Jika diatur dengan strategi kemunculan yang sering akan membuat running text akan lebih mengarahkan perhatian pemirsa untuk melihatnya.

Original written : Gegerblues 2009

Sources :

Antv promo on air

Advertisements