TIME REMAPPING


Saat menonton TV. Terkadang dalam sebuah animasi grafis terlihat, obyek yang bergerak dengan cepat tiba-tiba berhenti kemudian bergerak pelan dan bergerak cepat lagi. Jika anda mengira bagaimana membuat gerakan seperti itu di Adobe After Effects, jawabannya adalah time–remapping.

aktif-timeremap

Time-remapping adalah bagian dari fitur yang menakjubkan dari After Effects. Kemampuannya untuk membuat pengulangan gerakan, mengatur kecepatan dari sebuah gerakan yang semuanya bisa dilakukan dalam sebuah layer tanpa memotong layer tersebut. Keyframe dibutuhkan untuk mengatur titik-titik gerakan di dalam satu sumber gambar (layer). Waktu diantara titik-titik yang telah ditentukan dapat di perpanjang, diperpendek, dilambatkan, dipercepat dari sumber gambar.

Tulisan ini akan membahas bagaimana After Effects mengatur time-remapping dan dasar-dasar penggunaannya.

AKTIVASI TIME REMAPPING

Sebelum menggunakannya, aktifkan pada layer sumber gambar yang akan dipakai. Pertama, klik ke layer timeline untuk memilih, kemudian ke Layer menu, pilih Time dan pilih Enable Time Remapping. Ini akan menjadikan property baru disebut Time Remap di layer yang berada di dalam timeline. Properti Time Remap dapat dilihat dengan memilih layernya dan menekan tuts Ctrl+Alt+T di keyboard.

select-timeremap

Saat sudah aktif, hasilnya memang belum terlihat. Dan akan terlihat setelah diatur keyframe nya sesuai dengan yang kita mau. Time Remapping berhubungan antara sumber gambar dan timeline. Saat time remapping diaktifkan, After Effects secara otomatis akan memunculkan dua titik keyframe, di titik awal gambar dan titik akhir gambar.

Sebagai contoh

Sebuah sumber gambar diletakkan di timeline, setelah Time Remapping aktif, maka muncul titik di awal dan diakhir sumber gambar.

aktif-timeremap

Kemudian tambahkan dua titik berikutnya untuk menghentikan pergerakan gambar, setelah dua titik tersebut, gambar akan kembali bergerak sampai di titik akhir.

set-timeset-time2

Sangat sederhana, tapi dengan hasil yang menakjubkan jika ingin membuat sebuat pengaturan gerakan dalam sebuah klip.

Gegerblues 2009

References :

Creativecow.net

After effects tutorial

Advertisements