TITLE SAFE


Pernah lihat credit title atau title nama ketika seorang nama presenter dituliskan?.Pernah lihat running text yang berjalan di bagian paling bawah layar tv, bergerak dari kiri ke kanan?. Nah dalam teknologi standar televisi ada panduan yang dibuat sehingga elemen-elemen text tersebut terlihat dengan baik. Walaupun posisinya semisal di bagian paling bawah monitor, namun terlihat pas dan tidak terpotong.

title-safe

Dalam perkembangan teknologi sekarang televisi berjenis plasma, flat panel screens dan LCD memungkinkan gambar terlihat sepenuhnya baik itu yang berada diluar safe area. Tetapi yang terutama diperhatikan untuk jadi panduan adalah dari pemilik tv secara umum yang belum menggunakan perangkat seperti flat panel maupun LCD.

Title safe area adalah area kotak dalam standar broadcast yang agak jauh dari pinggir monitor, untuk menghindari kemungkinan terburuk dari berbagai jenis televisi berikut setting nya dalam penempatan obyek agar tetap terlihat. Karena title atau teks merupakan informasi, lebih dari sekedar gambar.

Dalam program editing atau compositing, title safe area biasanya sudah tersedia sebagai panduan agar editor dan designer mudah untuk meletakkan penempatan title dimanapun agar tetap terlihat di monitor televisi. Seperti contoh dibawah, menggunaka software compositing After Effects 7.

safe-nael

Hal diatas juga dilengkapi dengan standar penggunaan jenis huruf yang berlaku dalam design untuk televisi (lihat tulisan tentang “logo program”)

Original written : Gegerblues 2009

Sources :

After Effects tutorial

Lisa Brenneis, Final Cut Pro 3 for Macintosh. Berkeley, California

Advertisements