UNIK DAN BERBEDA


Sebuah karya yang muncul dalam sebuah Industri kebanyakan terlihat sama secara visual. Hal ini karena adanya pola pikir industry ( tulisan saya sebelumnya dalam Motion Design dan Industri ). Namun unsur idealis tetap selalu muncul di kepala designer untuk membuat karya yang paling tidak sedikit berbeda dengan karya motion design dalam program sejenis yang tayang di stasiun TV lain. Menurut Gunawan, Head of Graphic nya Metro TV, think out of the box adalah cara untuk membuat sebuah karya menjadi unik dan berbeda.

Banyak cara untuk berpikir think out of the box. Gimana sih berpikirnya?, tidak usah jauh-jauh. Berpegang pada style, karena tiap motion designer pasti mempunyai style masing-masing. Style terkadang membuat suatu jenis program menjadi berbeda. Contohnya, ketika designer membuat sebuah opening program news dengan style yang clean and clear. Clean and clear divisualisasikan dengan tampilan yang simple, bersih dan sederhana. Maka visual yang didapat akan berbeda dengan style news kebanyakan yang tampil dengan 3D yang mewah dan gemerlap.Seperti yang sudah dilakukan Metro TV untuk rebrand On Air Look mereka.

MHI

Ada lagi contoh dari sebuah TVC tentang kampanye Pemilu Legislatif beberapa waktu lalu. Satu partai yang menggunakan street art style untuk membuat TVC mereka, sementara TVC partai-partai lain kebanyakan menggunakan life shot dengan kemewahan tampilan mereka. Dan tampilan TVC dari partai ini terlihat menarik dan unik karena style nya yang street art dengan tehnik stop motion. Dilihat dari segi biaya jelas sangat jauh dibandingkan TVC yang lain, tetapi dari segi menarik perhatian pemirsa, jelas disini nilai lebihnya

pdp-scnshot

Tidak selalu diperlukan tehnik baru, cukup bolak-balikan style untuk keperluan tertentu, karena ini adalah industry. Yang diperlukan sekali lagi dalam kreativitas adalah dengan berpikir think out of the box.

Original written : Gegerblues’09

Sources :

Coklat Gank

Grafis TV.com

Advertisements