DROP SHADOW


Dalam tehnik motion 2D, sering terlihat komposisi gambar bisa terlihat mempunyai kedalaman, seolah ada jarak antara obyek yang di depan dengan di belakangnya. Tapi ada pula yang terlihat datar padahal sudah menggunakan tehnik 3D layer untuk membantu gambar mempunyai kedalaman. Kunci dari ini semua sebenarnya ada di shadow.

shade2

Sebagai sebuah tehnik simple yang menghasilkan visual yang menakjubkan.
Dalam kehidupan sehari-hari, setiap benda yang ada di dekat kita selalu mempunyai pantulan dan bayangan yang disebabkan cahaya yang menimpa benda itu. Secara kasat mata apapun yang dilihat seolah mempunyai kedalaman melalui mata kita. Saat membuat komposisi 2D, semua obyek yang dibuat tidak akan memiliki kedalaman. Karena diperlukan tehnik-tehnik tambahan lagi untuk membuat gambar-gambar yang saling menumpuk mempunyai jarak antar obyek. Untuk cepatnya, tak perlu diukur berapa jarak dari obyek ke obyek lainnya. Tapi dengan bantuan drop shadow, mata penonton dapat dialihkan persepsinya dalam melihat karya yang dibuat. Dengan kebiasaan kita melihat obyek yang ada di sekeliling kita, dapat dibuat perkiraan untuk membuat drop shadow yang seolah nyata.
Beberapa contoh dibawah memperlihatkan pemakaian drop shadow, dengan software After Effects standar

shade4

Untuk lebih detil dapat digunakan plugin Image Lounge dengan Real Shadow nya untuk mendapatkan shadow yang lebih realistik.

shade1 shade3

Tampak ada jarak antara obyek ke obyek dan obyek ke background, padahal semuanya adalah gambar datar

Setiap program compositing menyediakan fasilitas drop shadow, tapi untuk membuat shadow yang terlihat realistik tergantung kejelian dari designer, terutama layouting. Apabila layout yang sudah diselesaikan benar dalam pewarnaan gelap-terang, maka drop shadow yang akan memperkuat obyek-obyek di dalamnya. Komposisi 2D akan terlihat ‘mahal’ saat shadow ditambahkan untuk memperkuat gambar yang sudah baik.

Saran dari penulis adalah untuk selalu memperhatikan benda-benda yang ada di sekeliling kita, karena banyak hal yang bisa jadi inspirasi, library untuk berkarya.
Original written : Gegerblues’09
Sources :
Ketika Cinta Bertasbih promo

Advertisements