SARANA MOGRAPH


Beberapa jenis-jenis program dan media yang umum digunakan dalam dunia motion design. Walaupun ada banyak software dan hardware yang berhubungan dengan desain grafis, tapi secara umum media inilah yang paling sering digunakan. Di bidang broadcasting, seorang motion designer paling tidak menggunakan 4(empat) jenis media untuk membuat sebuah karya. Contohnya, membuat logo dengan program vector(1) dan 3D(2), membuat materi isi dengan digital imaging(3), dan terakhir membuat komposisi di program compositing(4). Tapi tidak terbatas kemungkinan designer menggunakan software apa saja demi mencapai hasil. Inilah yang dinamakan proses kreatif.

Berikut beberapa program atau media dalam motion design :

3D

C4D3D merupakan proses penciptaan, display, dan manipulasi obyek di komputer dalam bentuk tiga dimensi. Kelebihan 3D adalah obyeknya dapat dirotasi, dilihat dari segala sudut, serta dapat diskala lebih besar atau lebih kecil. Program-program 3D CAD dan 3D Graphics memungkinkan obyek-obyek diciptakan dalam skala X-Y-Z (lebar, tinggi, kedalaman). Program-program ini juga memungkinkan pencahayaan diterapkan secara otomatis di tahap pengubahan. Software : 3DSMax, C4D, Lightwave, Maya dll. Yang umum di pakai di broadcast adalah 3DSMax dan C4D.

VEKTOR

llustratorGambar vektor merupakan gambar digital berdasarkan persamaan matematis yang menggabungkan titik-titik garis untuk menjadi sebuah obyek sehingga gambar tidak menjadi pecah walaupun diperbesar atau diperkecil. Itu sebabnya, vektor banyak digunakan untuk mendesain logo. Versi lain menyebutkan, dalam komputer grafis, sebuah garis ditandakan oleh titik akhirnya. Ketika sebuah lingkaran digambar, lingkaran tersebut terdiri dari banyak vektor-vektor kecil. Gambar vektor umumnya berukuran lebih kecil bila dibandingkan dengan gambar bitmap. Beberapa format gambar vektor di antaranya adalah SVG, EPS, CDR, AI, atau SWF. Software : Adobe Illustrator, Corel, Freehand dll. Broadcast umumnya memakai Ilustrator

COMPOSITOR

flint2Motion graphics adalah grafis yang menggunakan teknologi video atau animasi untuk menciptakan ilusi sebuah penampakan bergerak atau berubah. Motion graphics biasanya digabungkan dengan suara untuk proyek-proyek multimedia, dengan kata lain ditampilkan melalui teknologi media elektronik, tapi dapat juga ditampilkan memakai teknologi manual. Istilah ini berguna untuk membedakan grafis diam dengan grafis yang dapat berubah-ubah. Dasar program ini adalah pixel. Dalam film bioskop dikenal istilah frame by frame, satu detik 32 gambar. Di motion graphic komputer juga sama, gambarnya hasil dari pixel. Misalnya, 20 foto disatukan sehingga menjadi gambar bergerak. Software : After Effects, Fusion, Combustion, Flint, Flame, Inferno. Yang biasa untuk dipakai dalam TVC adalah Flint, Flame dan Inferno, keluaran Autodesk (dahulu Discreet)

DIGITAL IMAGING

phshopDigital imaging atau digital image acquisition lebih dikenal dengan istilah olah digital atau metode mengedit gambar yang biasanya merupakan modifikasi dari obyek fisik. Suatu gambar digital bisa dibuat menggunakan kamera digital atau alat semacamnya. Bisa juga menggunakan media analog (atau gambar), kemudian ditransfer melalui pemindai atau media semacamnya menjadi informasi digital dalam bentuk pixel yang dapat dibaca dan dimanipulasi oleh komputer, dan kemudian dibentuk kembali sebagai gambar yang dapat dilihat mata. Software : Adobe Photoshop

Gegerblues’09

Sources :

Concept Mag

Advertisements