H264 SI PENGHEMAT WAKTU


render-set-H264Waktu dalam motion graphic sangat berharga, karena yang dhitung adalah per frame. Dimana dalam 1 detik terdapat 25 frame (untuk format televisi).Sehingga kalau bicara jam, itu merupakan hitungan yang tidak berlaku karena diangap sangat lama. Kebiasaan ini membuat hal-hal lain diluar pekerjaan namun masih berhubungan dengan pekerjaan dianggap tidak efisien kalau dilakukan secara wajar. Ketika harus menghadapi klien dalam tahap preview karya, selalu terpikir betapa borosnya waktu yang dikeluarkan untuk perjalanan pulang pergi ke tempat klien, berargumentasi lagi dengan klien, menyiapkan laptop dan lain-lain.

Beruntung ditemukannya format render file Quicktime H. 264. Apa saja kelebihannya?. H.264 adalah video codec baru yang sedang naik daun. Sebelum rilis codec H. 264 ini, yang biasa dipakai adalah Quicktime dengan codec Sorenson. Tetapi codec H.264 hanya berlaku di program Quictime versi 7.xx, jadi tidak berlaku bagi user yang masih menggunakan QT player versi sebelumnya.

render-set-sorensonKelebihan apa atau bisa dibilang keistimewaannya, untuk perbandingan, ketika render preview project di Adobe After Effects, dengan codec Sorenson akan menghasilkan file Mov sebesar 8,3 mb. Dengan menggunakan codec H.264, hasilnya lebih kecil, yaitu sebesar 2,5 mb, Kualitas preview yang lebih baik dari codec Sorenson.

Kegunaannya?, kembali ke masalah waktu yang tadi dibicarakan, progres kerja atau preview bisa dikirim via email dengan kompresi yang jauh lebih kecil dan dengan kualitas yang lebih baik. Waktu render Cuma sebentar, file tidak besar, hemat waktu tanpa harus bergerak ke tempat klien.

Gegerblues ‘2009

Sources :

Adobe After Effects

Therrymotion

Advertisements