HOBI, KREATIF, PEMASUKAN


Bila Anda memiliki suatu hobi, apalagi bagi seorang motion designer yang umumnya mempunyai multi talenta dalam dirinya, apa salahnya mengubah hobi itu menjadi sumber pendapatan?. Yang pasti adalah menggambar, itu yang jadi sumber pemasukan utama. Dibayar untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan, tapi kalau dilakukan menjadi rutinitas terus-terusan juga ada jenuhnya.

Berikut sejumlah hobi lain yang berpeluang menjadi pemasukan.

1.Traveling

Daripada hanya menguras dompet, tuliskan pula pengalaman liburan Anda. Jepret dengan kamera digital spot-spot yang bagus, atau dari sisi lain. Kirimkan ke majalah traveling, baik cetak maupun online. Ingat, angle artikel Anda harus unik. Jangan sekadar menuliskan daya tarik utama tempat wisata itu. Bila Anda ke Bali, misalnya, jangan terfokus mendeskripsikan keindahan Pantai Kuta, tapi tulislah kehidupan lain diluar itu, seperti kehidupan anak-anak pantainya. Atau, keseharian bule-bule penggelandang (backpacker). Angle itu jarang diangkat.

2. Membaca Buku

Bila Anda hobi membaca buku, tulislah resensi buku yang baru terbit atau berlabel bestseller. Kirimkan ke media yang menyediakan space untuk resensi buku.

Atau, bila yang Anda baca itu buku berbahasa asing dan belum ada edisi terjemahannya, terjemahkan saja. Lalu ajukan ke penerbit yang relevan dengan topik buku tersebut.

3. Band

Bisa dibilang motion designer itu multi talenta dibidang seni. Apapun bisa dijadikan peluang selama itu berkaitan dengan seni. Banyak musisi yang akhirnya go publik yang berasal dari bidang art, seperti Naif, Seurieus, Clubeighties dan lainnya. Tinggal asah kebiasaan untuk bermain dalam tim dan melatih memadukan kata-kata indah dengan gaya musik terkini.

3.Menolong Orang

Lain Bila Anda psikolog, seksolog, dokter, ataupun pakar di bidang lain, Anda dapat membantu pembaca media dengan mengasuh rubrik konsultasi. Bagaimana bila Anda bukan pakar?. Ada prinsip yang bias dipahami: bila ada, raihlah; bila tidak ada, ciptakanlah. Banyak anak-anak yang butuh tambahan ketrampilan dari les musik, menggambar maupun bahasa. Nah ini bisa jadi lahan juga kan. Anda senang utak-atik motor? Tawarkan proposal konsultasi modifikasi motor/mobil ke media otomotif. Oh, doyan berkebun doang? Jangan patah semangat! Tawarkan proposal konsultasi berkebun ke media agro.

Yang penting tetap kreatif dan terus dijalankan, karena kreatif bukan hanya di bidang membuat sebuah karya saja, tetapi juga bagaimana memecahkan sebuah masalah yang bentuknya apapun. Masih banyak yang bisa digali dan ini hanya sebagian kecil saja yang umum.

Gegerblues 2009

Sources :

Ruang freelance

Smashing magazine

Advertisements