HARD NEWS GRAPHICS


Kemasan grafis yang paling ’kuat’ ketika tayang di televisi adalah kemasan untuk program News. Kata ’kuat’ yang dimaksud, bahwa dari seluruh televisi pemerintah, swasta nasional maupun lokal memberikan ciri yang sangat terlihat oleh pemirsa secara tidak disadari.

topik

Kalau dilihat sedikit sejarahnya, apa yang membuat sebuah kemasan program News menjadi kuat?, itu semua karena fungsi media televisi pada awalnya. Di luar negeri seperti Amerika dan Eropa, stasiun televisi nasional hanya menyiarkan program News saja. Sementara program non news, drama dan non drama dikerjakan oleh pihak luar stasiun yaitu rumah-rumah produksi, dan kebanyakan hanya tayang di televisi berjaringan. Begitu juga yang berlaku di Indonesia, yang dimulai pada masa TVRI. Ini sekedar pengetahuan saja agar paling tidak ada gambaran dari mana sih gaya grafis tv berasal.

Bagaimana pemikiran konsep eksekusi dalam hardnews graphic sendiri?. Dilihat dari fungsi berita itu secara umum berita itu adalah informasi berupa fakta dan kejadian yang disiarkan melalui media massa secara periodik.

Dengan kategori 1. Fakta peristiwa, 2. Fakta Pendapat dan 3. Gabungan dari keduanya Visualisasi untuk menggambarkan aktualitas, faktualitas dan sesuatu yang membuat mata pemirsa untuk melihat. Kualitas kandungannya berupa aktualitas, penting dan menarik. Mengandung konflik, keganjilan. Hal-hal yang ramai dibicarakan, tidak biasa dan terhubung dengan jarak (proximity).

logo_vwuSementara pemikiran dari motion designer untuk membuat sebuah proyek Hardnews tidaklah jauh berbeda dari konsep news itu sendiri

  1. Perhatikanlah bahwa semua bumper pembuka (opening) dari program News selalu menggunakan 3D animation melambangkan sesuatu yang terkini dengan visual obyek-obyek futuristik.
  2. Pemakaian tekstur dan mapping yang berkilau untuk menarik perhatian
  3. Kemudian pergerakan obyek-obyek yang memberi hentakan pada tiap scene untuk menarik perhatian, memberi kesan megah.
  4. Logo program yang jelas dan besar, biasanya kalau berbentuk tulisan menggunakan huruf-huruf capital. Tujuannya benar-benar memberi kemudahan pemirsa untuk membaca judul
  5. Terkadang pesan dirumuskan di dalam gambar
  6. Keselarasan visual didukung dengan audio yang memberi penegasan pada gerakan
  7. Audio yang dipakai memberi kesan sesuatu yang membangun, tergesa-gesa, mars atau memberi inspirasi.

MHIKesulitan dalam pembuatan hardnews graphic lebih terletak di pemikiran klien, yaitu departemen news itu sendiri. Dimana kebiasaan klien berpikir secara isi daripada visual. Terkadang mereka mau agar semua bentuk informasi dimasukkan ke dalam opener program. Dimana informasi itu sebenarnya lebih cocok disampaikan dalam bentuk real shot atau narasi. Content lebih utama dari artistik, sehingga kemampuan presentasi sangat penting bagi motion designer. Namun bukan berarti seorang motion designer membuat visual dari grafisnya dengan sederhana. Kerumitan obyek-obyek di dalam karya bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Gegerblues 2009

Sources :

Karakteristik Media, Syaifuddin,S.Sos

Grafistv.com

Advertisements